Program Naratas kali ini Menghadirkan Kelas Pengembangan Diri “CV Writing”

Jakarta, 08 Desember 2018 – Program Naratas berupa pengembangan diri dari Ngariung ID kembali hadir dengan tema kelas yang sangat menarik yaitu CV Writing dengan mentor Made Indriani owner of CV Touch Up dan Recruiter at Traveloka. Kelas Naratas kali ini berlangsung di ruang Aksara, sehingga ada suasana yang berbeda dari kelas sebelumnya. Tema kelas kali ini cukup ditunggu-tunggu oleh para peserta karena Penulisan Resume merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Sejalan dengan tujuan dari kelas kali ini untuk memaksimalkan pengembangan diri setiap peserta dalam hal penyusunan resume pekerjaan yang kadang menjadi masalah dasar saat melamar suatu pekerjaan. Menurut Qerja.com, tidak jarang dalam membuat sebuah penulisan resume, banyak kandidat melakukan kesalahan yang membuat rekruter tidak berminat untuk memproses kandidat lebih lanjut. Sehingga dengan hal tersebut akan membuat kelas kali ini sangat berpengaruh terhadap penulisan resume para peserta untuk menjadi lebih baik.

Made Indriani – Owner of CV Touch Up dan Recruiter at Traveloka selaku mentor pengembangan diri untuk penulisan resume pekerjaan mengatakan “CV merupakan gambaran kesan pertama dan salah satu media yang dapat menghubungkan kita dengan perekrut perusahaan, sehingga resume pekerjaan yang kita miliki haruslah bisa menonjol dibandingkan yang lain.” Kak Made menjabarkan ada 3 hal yang perlu diingat untuk membuat suatu resume pekerjaan diantaranya :

  1. Reflect on your self !

Sebelum kita menulis resume pekerjaan ada baiknya mencari tau terlebih dahulu apakah posisi yang akan dilamar cocok dengan kita, apakah skill yang kita miliki dapat memenuhi posisi yang dibutuhkan.

  1. Be in the recruiter’s shoes

Setelah kita menulis resume pekerjaan ada baiknya posisikan diri kita sebagai seorang rekruiter, sehingga kita bisa melihat resume yang telah dibuat dari sudut pandang seorang rekruter, bukan dari sudut pandang diri sendiri.

  1. Analyze & double check

Bagian ini bisa dilakukan setelah kita selesai menulis resume pekerjaan dengan cara menganalisis kembali apakah pengalaman yang dimasukan benar-benar sesuai, dan juga melakukan cek kembali apakah ada tulisan yang salah atau penulisan kesalahan tata bahasa.

3 hal yang dijabarkan diatas, akan membuat kita lebih mudah menulis resume pekerjaan dengan baik. Seorang rekruter pada perusahaan besar dapat menerima ratusan bahkan ribuan resume pekerjaan setiap harinya. Karena itu, kita harus dapat membuat resume kita menonjol dan dilihat oleh rekruter.

Kak Made memberi 3 tips penting membuat resume

  • Pertama sederhana. Artinya resume yang dibuat harus padat dan jelas, tidak menggunakan gambar atau warna yang tidak relevan dan maksimal 2 halaman.
  • Kedua, mudah dibaca, artinya menggunakan struktur yang jelas serta disusun berdasarkan lini masa.
  • Ketiga, informatif, artinya resume harus menjelaskan sedetail mungkin dengan bahasa yang efektif, misal apabila memasukkan bagian organisasi jelaskan peran kita dalam organisasi tersebut.

Selain itu Kak Made juga memberikan gambaran kesalahan umum yang biasa dilakukan dalam penulisan resume pekerjaan diantaranya terlalu banyak informasi yang ditulisakan, karena kebanyakan informasi yang ditambahkan tidak menambah nilai. Kesalahan lainnya adalah penggunaan tata bahasa, penulisan resume pekerjaan lebih bagus menggunakan bahasa Inggris serta memperhatikan penggunakan kalimat yang digunakan untuk lampau atau untuk penggunakan saat ini. Hal lain ang biasanya luput dari fokus kita adalah penggunaan kata yang tidak profesional dan memasukkan gambar yang tidak penting.

Setelah Kak Made menyampaikan banyak hal mengenai penulisan resume pekerjaan yang baik seperti apa, para peeserta ditantang untuk melakukan analisis terhadap resume yang dimiliki oleh masing-masing, Kak Made memberikan panduan berupa kertas baru yang telah berisikan petunjuk mengenai apa saja yang harus dituliskan di setiap kolom dan barisnya. Dengan dilakukannya hal tersebut, setiap peserta menjadi mengetahui bagian mana saja yang ternyata masih terdapat banyak kesalahan dalam penulisan resume. Selain itu, masing-masing peserta juga dapat memperbaikinya sesuai dengan yang telah dianalisis dari hasil latihan.

Para peserta diberikan materi mengenai penulisan CV yang benar dari mentor kelas kali ini.

 

###

 

Tentang Ngariung.ID

Ngariung ID berupaya untuk menjadi wadah untuk nonoman Sunda mengenal, memahami, dan mencintai identitas mereka sebagai urang Sunda sehingga mau berkontribusi untuk masyarakat Sunda; bagi urang Sunda yang ingin berkontribusi kepada masyarakat Sunda sehingga semakin banyak inisiatif dapat terlaksana dalam memajukan masyarakat Sunda; untuk mengubah potensi tanah dan masyarakat Sunda menjadi prestasi yang dapat bermanfaat dan dinikmati masyarakat luas

Tentang Naratas

Naratas adalah sebuah program pengembangan diri dari Ngariung ID bagi anak muda yang bersedia mendedikasikan sebagian waktunya untuk berkontribusi kepada warga Jawa Barat. Tujuannya adalah mempersiapkan anak muda, selaku generasi penerus bangsa, dengan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menciptakan perubahan di lingkungan sekitarnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *