Program Naratas Resmi Dimulai dengan Kelas Keterampilan Bisnis “Marketing 101”

Jakarta, 17 November 2018 – Program Naratas dari Ngariung ID resmi dimulai. Sebagai program yang bertujuan meningkatkan kontribusi anak muda kepada Jawa Barat, Naratas berkomitmen menghadirkan satu tokoh inspiratif setiap pekan. Mengambil tempat di Gedung Ruang & Tempo, Palmerah, Jakarta. Ada 8 orang peserta yang terpilih setelah memulai proses seleksi berkas dan wawancara. Pada kelas pertama berjudul “Marketing 101”, teman-teman peserta mendapatkan materi dari Andika Rinaldo Asry, Marketing Manager TIX.ID.

Kak Aldo memperkenalkan konsep-konsep dasar pemasaran, mulai dari peran pemasaran dalam suatu bisnis, cara mendesain aktivitas pemasaran, cara mengukur kinerja suatu program pemasaran, hingga tips dan aplikasi apa saja yang biasa digunakan untuk membuat konten pemasaran.

Untuk lebih mudah memahami proses pemasaran, mari kita lihat dari piramida perjalanan konsumen, karena dengan hal ini seseorang akan lebih mudah memasarkan sesuatu, berikut merupakan prosesnya :

  • Pertama diawali dengan awareness (menyadari keberadaan produk) yang didalamnya ditandai dengan adanya Top of Mind Product (TOM), yaitu produk yang paling kita ingat dalam kategori tertentu.
  • Ever Use (setidaknya pernah mencoba)
  • Would Consider (mau mempertimbangkan untuk membeli)
  • Current (mulai rutin menggunakan produk)
  • Most Frequent (mulai ketergantungan untuk menggunakan produk)
  • Brand Loyalty(mau menggunakan produk tertentu saja dan mau merekomendasikannya pada orang lain)

Dengan mengetahui proses-proses pemasaran dari piramida perjalanan konsumen di atas kita akan mengetahui dan bisa mengukur kinerja produk yang dimiliki.

Selain memaparkan proses pemasaran, Kak Aldo juga menjelaskan teknik pemasaran yang sekarang banyak digunakan untuk menjangkau konsumen, yaitu konten marketing (pemasaran). Menurut wikipedia konten pemasaran adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk menjangkau konsumen. Kini, konten pemasaran lebih mudah menggunakan sosial media. Dibuktikan dengan data yang didapat dari Techcrunch.com menyebutkan bahwa pengguna sosial media saat ini sudah meningkat setiap tahunnya, dibuktikan dengan data pengguna instagram sebanyak 800 juta pengguna aktif setiap bulannya, 2 miliar pengguna aktif facebook setiap bulannya, serta 328 juta pengguna aktif twitter setiap bulannya.

Selain mendapatkan materi, peserta juga dapat kesempatan belajar langsung dari Kak Aldo cara membuat konten pemasaran dalam waktu singkat. Kak Aldo memberi tantangan kepada peserta untuk membuat sebuah konten pemasaran untuk barang apa saja yang peserta kenakan atau barang yang dibawa pada hari itu dalam waktu 10 menit.

Setelah seluruh peserta mengerjakan tantangan, Kak Aldo membahas satu persatu konten peserta dan memberi masukan untuk setiap konten. Tidak hanya menilai konten peserta, Kak Aldo juga sempat memberi contoh bagaimana ia biasanya membuat konten pemasaran beserta aplikasi yang digunakan.

Para peserta diberikan pemaparan serta tantangan oleh Kak Aldo

###

Tentang Ngariung.ID

Ngariung ID berupaya untuk menjadi wadah untuk nonoman Sunda mengenal, memahami, dan mencintai identitas mereka sebagai urang Sunda sehingga mau berkontribusi untuk masyarakat Sunda; bagi urang Sunda yang ingin berkontribusi kepada masyarakat Sunda sehingga semakin banyak inisiatif dapat terlaksana dalam memajukan masyarakat Sunda; untuk mengubah potensi tanah dan masyarakat Sunda menjadi prestasi yang dapat bermanfaat dan dinikmati masyarakat luas

Tentang Naratas

Naratas adalah sebuah program pengembangan diri dari Ngariung ID bagi anak muda yang bersedia mendedikasikan sebagian waktunya untuk berkontribusi kepada warga Jawa Barat. Tujuannya adalah mempersiapkan anak muda, selaku generasi penerus bangsa, dengan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menciptakan perubahan di lingkungan sekitarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *